About This Blog

Minggu, 17 Juni 2012

Mau Jantung Sehat? Makan Telur

Foto: .eggs.co.nz


Telur sempat dianggap sebagai makanan yang mengandung kolesterol yang dapat menjadi kontributor terhadap penyakit jantung. Kenyataannya, yang menjadi penjahat utamanya bukanlah kolesterol melainkan saturated dan trans fats.

Maka, mana yang benar, telur berbahaya bagi jantung atau malah bikin sehat? Ahli gizi asal Kanada, Dr Peter Jones menyebutkan bahwa kunci diet sehat adalah dengan mengonsumsi telur.

Menurutnya, telur adalah salah satu makanan yang paling bergizi. Selain itu telur juga memiliki protein berkualitas tinggi serta 14 nutrisi penting.

“Telur mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk vitamin A, B12 dan E. Telur juga salah satu dari beberapa makanan yang secara alami mengandung vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi,” jelasnya seperti dikutip Canadanews.

Sayangnya, masih kata Dr Peter Jones sebagian orang menghindari asupan telur karena kekhawatiran mengenai kolesterol. Tetapi, penelitian ilmiah menemukan bahwa kolesterol dalam telur disebut kolesterol makanan berefek sangat kecil terhadap kolesterol dalam darah dikenal sebagai kolesterol.

Yang perlu dikhawatirkan, ujar Jones, adalah jumlah lemak jenuh dan trans yang Anda makan. “Makan terlalu banyak lemak tidak sehat karena dapat meningkatkan kolesterol dalam darah Anda, meningkatkan risiko jantung dan stroke. Sedangkan telur memiliki lemak jenuh dan trans yang rendah,” kata dia.

Lebih jauh, Badan Kesehatan Kanada juga merekomendasikan telur sebagai bagian dari diet seimbang dan menganggap dua porsi telur adalah aternatif dari satu porsi daging.


Mengolah Telur yang Sehat

Apabila Anda memasak telur dengan cara digoreng menggunakan mentega (bukan margarine), maka telur goreng tersebut akan mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi.

Telur itu sendiri sebenarnya mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Dan sekarang, para ahli kesehatan menyatakan bahwa telur itu aman bagi kesehatan apabila Anda mengkonsumsinya tidak lebih dari 1 butir telur sehari. Selain itu juga perlu diimbangi dengan mengurangi makanan lain yang juga merupakan sumber kolesterol, misalnya daging merah.

Standarnya, dalam sehari Anda tidak boleh mengkonsumsi kolesterol lebih dari 300 mg. Dan 1 butir telur hanya mengandung 213 mg kolesterol, masih tergolong aman!

Sumber : LINK
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar

Random Post